Tugas Pokok Manajer SDM dalam Membantu Bisnis Perusahaan

Bagian SDM dalam sebuah perusahaan adalah sebuah aset luar biasa berharga bagi perusahaan. Keberadaannya dalam sebuah perusahaan ibarat juru damai yang akan menjembatani hubungan kerja antara karyawan dengan perusahaan. Sebagai aset perusahaan yang sangat berharga, SDM memiliki tugas strategis yang akan mengatur segala kekayaan aset SDM dalam perusahaan sehingga bisa dikelola dengan baik dan menjalankan operasional perusahaan hingga tercapai segala tujuan yang diinginkan perusahaan.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa bagian SDM dalam sebuah perusahaan selalu identik dengan tugas untuk melakukan rekrutmen karyawan. Namun sebenarnya tugas bagian SDM sangat banyak dan sangat penting bagi perusahaan. Bukan hanya rekrutmen melainkan segala hal yang berhubungan dengan karyawan adalah tugas bagian SDM.

Gaji karyawan, honor lembur dan juga kompensasi juga diatur oleh bagian SDM.

Tunjangan kesehatan dan jika ada beberapa tunjangan lainnya juga masuk dalam tugas SDM. Memastikan bahwa karyawan ditugaskan dan ditempatkan dibagian yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikannya juga merupakan tugas berat karyawan. Karena tugas yang sangat banyak dan demikian berat inilah, maka penyebutan SDM sebagai aset perusahaan adalah hal yang pantas dan tidak berlebihan.

Mengenal Manajer SDM
Bagian SDM selalu dipenuhi dengan banyak orang yang hebat dibidangnya. Biasanya rekrutmen karyawan bagian SDM selalu selektif dan tidak dilakukan dengan main-main. Karena itulah tuntutan yang harus dipenuhi oleh orang-orang yang bekerja di bagian SDM. Tuntutan yang berat membuat bagian ini harus bekerja lebih keras dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu diperlukan satu orang khusus yang akan membuat bagian SDM bekerja keras untuk mencapai tujuan perusahaan. Bagian SDM biasanya dipimpin oleh seorang manajer SDM

Tugas inti manajer SDM adalah untuk memastikan bahwa bagian SDM yang berada dibawah kepemimpinannya bekerja maksimal dan penuh tanggung jawab dalam memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Sama halnya dengan cakupan tugas bagian SDM yang sangat banyak dan luas, tugas manajer SDM juga cukup banyak. Tapi intinya tugas manajer SDM adalah melakukan semua hal yang harus dilakukan dalam rangka memaksimalkan bagian SDM dari mulai langkah perencanaan hingga penerapan dan yang terakhir adalah evaluasi.

Tanggung Jawab dan Tugas Manajer SDM
Tugas dan tanggung jawab manajer SDM sangat banyak dan cakupannya sangat luas. Berikut ini beberapa uraian tugas dan tanggung jawab manajer SDM antara lain:

1. Tetap mempertahankan struktur kerja jika dirasa struktur kerja tersebut telah maksimal membawa manfaat bagi perusahaan dan juga bagi karyawan.
2. Rutin melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan dan melakukan identifikasi bagian-bagian yang ada dalam perusahaan yang memerlukan peningkatan.
3. Mempertahankan struktur karyawan dengan cara melakukan proses pengangkatan karyawan, melakukan wawancara dan juga melakukan pergantian tanggung jawab karyawan.

4. Memberikan pelatihan pada karyawan yang baru saja diangkat.
5. Ini adalah tugas yang sedikit lebih berat yakni melakukan analisis terhadap semua kebijakan, prosedur dan juga aturan yang berlaku diperusahaan. Jika ada yang tidak sesuai, maka tugas manajer SDM adalah menyampaikan kepada pihak eksekutif perusahaan.

6. Mengatur pembayaran upah karyawan dengan melakukan penilaian dan evaluasi pada kinerja karyawan. Jika dirasakan ada kebijakan yang tidak sesuai dan dirasa perlu untuk dilakukan perusahaan, maka manajer SDM harus segera melaporkan hal tersebut kepada pihak perusahaan sehingga bisa segera diterapkan dalam sistem pembayaran berikutnya.

7. Membuat sebuah dokumetasi yang disusun secara sistematis mengenai segala hal yang berkaitan dengan bagian SDM baik dimasa lalu hingga masa sekarang sehingga bisa dijadikan acuan untuk kebijakan yang diterapkan SDM berikutnya.

Kualifikasi Manajer SDM
Mengingat tugasnya yang cukup banyak, seorang manajer SDM harus memiliki kualifikasi yang tidak hanya baik namun juga mumpuni sehingga tugasnya dapat dijalankan semaksimal mungkin.

Beberapa kualifikasi dan keahlian yang harus dimiliki oleh manajer SDM antara lain, memiliki kemampuan dalam bidang pengangkatan karyawan mengingat itu adalah tugas utamanya, memahami semua yang berkaitan dengan manajemen SDM, paham betul terhadap hukum ketenagakerjaan, mengerti betul struktur pemberian gaji dan tunjangan juga kompensasi dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Kualifikasi dan keahlian yang hebat akan membuat kerja bagian SDM maksimal dalam mencapai tujuan perusahaan.

Slide1

Slide1