Cara Membuat Strategi Pengembangan SDM Beserta Fungsinya

Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger Adi Nugroho yang memiliki blog bagus tentang manajemen bisnis.

Pada dasarnya strategi pengembangan sdm perlu sekali untuk dilakukan di masa seperti ini. Mengingat sumber daya manusia memang selalu mengalami peningkatan. Hal ini agar sumber daya manusia dapat memberikan keterampilan, kemampuan kerja hingga loyalitas kerja pada sebuah perusahaan.

Tetapi karena kehadiran strategi ini membuat banyak orang menjadi gagal mendapatkan pekerjaan. Ditambah banyaknya para pengangguran di Indonesia membuat para perusahaan terlihat kesulitan dalam merekrut beberapa karyawan. Berikut ini ada beberapa caranya:

Melalui Pelatihan

Dalam melakukan strategi pengembangan sdm bisa dimulai dengan melakukan pelatihan. Pelatihan pada umumnya diadakan secara langsung oleh perusahaan terutama bagi para karyawannya. Untuk pelatihan sendiri memang berbeda-beda tergantung kepada setiap bidang yang karyawan pilih.

Kehadiran pelatihan pada dasarnya bisa digunakan untuk mengembangkan individu. Selain itu, hal ini membentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap. Dengan adanya ini, anda bisa melihat seperti apa peningkatan yang dialami oleh setiap karyawan.

Melalui Pendidikan

Selain ada pelatihan, strategi pengembangan sdm bisa dilakukan melalui pendidikan. Dalam hal ini bertujuan agar meningkatkan kemampuan kerja. Baik versi formal dan informal, tentu hal ini akan berkaitan secara langsung dengan karirnya.

Melalui Pembinaan

Pembinaan bisa dilakukan untuk menyusun berbagai hal, pada dasarnya ada banyak tujuan yang didapatkan dari pembinaan ini. Contohnya saja bisa mengatur hingga membina manusia sebagai salah satu sistem organisasi yang terbaik.

Terutama dalam hal strategi pengembangan sdm ini perlu dengan melakukan beberapa program perencanaan dan penilaian. Sebut saja seperti man power planning, performance appraisal, job analytic, job classification dan berbagai hal lainnya.

Slide1

Melalui Recruitment

Rekrutmen merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh setiap karyawan. Hal ini berguna agar hrd dapat melihat kandidat mana yang paling sesuai dengan kualifikasi tersebut. Biasanya kandidat yang paling sesuai itulah kandidat yang akan dipilih oleh sebuah perusahaan.

Pada dasarnya hrd akan melihat melalui berbagai aspek strategi pengembangan sdm di dalam rekrutmen tersebut. Mulai dari pemilihan cv dan resume, melakukan interview hingga tes. Sampai saat ini beberapa hal tersebut masih dilakukan oleh hrd untuk menentukan kandidat yang berkualitas.

Melalui Perubahan Sistem

Berdasarkan perubahan sistem ini biasanya bisa disesuaikan dengan sistem dan prosedur di dalam perusahaan. Hal ini berguna agar menghindari dari ancaman maupun pulang dari faktor eksternal maupun faktor internal.

Oleh karena itu, dalam melakukan strategi pengembangan sdm memang tidak boleh sembarangan. Melainkan harus dilakukan sesuai dengan kualitas sumber daya manusia yang berlaku di dalam perusahaan.

Pada dasarnya dalam melakukan strategi untuk mengembangkan sumber daya manusia bisa dilakukan dalam berbagai hal. Hal ini tentu agar berguna untuk meningkatkan masing-masing potensi karyawan yang ada disana.

Memberi Kesempatan

Dalam hal ini perusahaan bisa memberikan kesempatan kepada karyawan yang berguna untuk memberikan ide hinga gagasan. Perlu diketahui jika perusahaan tidak memberikan karyawan kesempatan untuk mengutarakan ide.

Maka bisa dikatakan perusahaan itu tidak ingin berkembang walaupun ada ide kecil dari karyawannya. Tentu pola pikir inilah yang harus diubah oleh perusahaan jika ingin mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Dengan mengutarakan ide bisa menjadi salah satu kontribusi yang karyawan lakukan. Terutama bagi anda yang ingin mengembangkan peusahaan atau ingin menggerakan sebuah perusahan lebih baik ke depannya.

Pada dasarnya walaupun karyawan bekerja di sebuah perusahaan bukan berarti ide karyawan tidak diterima dengan baik. Melainkan seharusnya karyawan harus dihargai dengan hanya memberikan sedikit ide untuk perkembangan karyawan.

Biasanya karena ide dari karyawan inilah, perusahaan bisa memberikan kualitas terbaik nantinya. Maka jika ada karyawan yang ingin memberikan ide tentu hal ini bisa memberikan kabar baik bagi perusahaan tersebut.

Selain bagus untuk perusahaan, hal ini tentu bagus dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap karyawannya. Usahakan hindari sikap otoriter yang tidak baik untuk kedepannya. Jika tidak sesuai idenya, bisa dibicarakan dengan baik-baik.

Memberikan Penghargaan

Penghargaan merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan yang sudah mendedikasikan pekerjaannya kepada sebuah perusahaan. Dengan adanya pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada karyawannya.

Terutama bagi karyawan yang memiliki prestasi di pekerjaanya harus dijadikan motivasi bagi karyawan lainnya. Hal ini agar karyawan lain dapat giat dalam melakukan pekerjaan. Terutama bagi karyawan yang ingin memberikan konstribusi yang besar terhadap sebuah perusahaan.

Fungsinya

Setelah mengetahui beberapa cara dalam membuat strategi pengembangan sumber daya manusia yang baik. Tentunya sekarang anda perlu mengetahui seperti apa fungsi yang didapatkan. Fungsi pertama adalah dapat meningkatkan produktivitas.

Hal ini berguna agar karyawan bisa lebih produktif kembali dalam melakukan pekerjaan. Bahkan karyawan bisa memahami berbagai produk yang ditawarkan perusahaan dengan berbagai macam variasi yang beragam.

Kemudian fungsi kedua dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada produk. Kerusakan merupakan salah satu hal yang harus anda hindari dalam melakukan pekerjaan. Hal ini tentu bisa memberikan pengaruh buruk kepada perusahaanya.

Dalam melakukan strategi pengembangan sumber daya manusia tentu beberapa hal tersebut perlu anda perhatikan dengan benar. Hal ini agar anda bisa mengetahui apa sudah melakukan hal yang benar untuk perusahaan atau tidak. Kehadiran informasi ini diharapkan dapat membantu anda dalam meningkatkan kinerja para karyawan di dalam sebuah perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1